Selamat Datang di Website Resmi Desa

Sukseskan Destinasi Wisata Desa Berwawasan Lingkungan

MARI KITA SUKSESKAN PILKADA SERENTAK TAHUN 2018, SEGERA REKAM E-KTP!!!

 

JANGAN JAMU (SURONAN)

Administrator 20 September 2018 08:56:12 WIB

Ketangi 20/09/2018, sebuah tradisi yang turun temurun yang dilakukan oleh masyaraka dusun Dukuhsari desa Ketangi. Jangan Jamu (Suronan) adalah tradisi masayarakat yang dilaksanakan setiap malam 10 Suro (Muaharom). Kegiatan ini diikuti oleh semua warga muda, tua maupaun anak-anak.

Ada yang khas dari tradisi jangan jamu ini. Jangan jamu adalah makanan khas yang disajikan bulan  suro. Jangan jamu terbuat dari sayur-sayuran seperti kancang-kacangan, kentang, boncis, tempe, tahu yang dimasak dijadikan satu. Namun yang berbeda dari yang lain adalah aroma dan rasa seperti ada rasa jamu.

 Setelah melaksanakan zdikir tahlil bersama-sama masyarakat bersama-sama genduren makan jangan jamu. “jangan jamu atau suronan ini merupakan tradisi turun temurun dari para ulama terdahulu, pelajaran ini diambil dari kisah para nabi yang pada tanggal 10 muharom terbebas dari cobaan.  Seperti nabi Nuh yang terbebas dari air bah tepat pada tanggal 10 muharom, nabi yunus selamat dari ikan paus, dan lainnya. Maka masyrakat meneladani pada tanggal 10 Muharom melakukan syukuran dengan Jangan Jamu ”. Tutur muh jamil salah satu sesepuh.

Silakan tulis komentar dalam formulir berikut ini (Gunakan bahasa yang santun)

Formulir Komentar (Komentar baru terbit setelah disetujui Admin)

Nama
Alamat e-mail
Komentar
  CAPTCHA Image [ Ganti gambar ]
  Isikan kode di gambar
 

Tautan Terkait

Link

Statistik Pengunjung

Hari ini
Kemarin
Jumlah pengunjung

Aparatur Desa

Kepala Desa Kasi Pemerintahan Kaur Keuangan Kaur Umum Kasi Kesejahteraan Kasi Pelayanan Kadus Candirejo Kadus Karang Kadus Dukuhsari

Peta Desa

Layanan Mandiri


Silakan datang atau hubungi operator desa untuk mendapatkan kode PIN anda.

Masukan NIK dan PIN

Komentar Terkini

Lokasi Ketangi

tampilkan dalam peta lebih besar