Dalam rangka memperingati Hari Peduli Sampah Nasional Tahun 2019 dan HUT Kota Mungkid ke 35, Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Magelang bekerja sama dengan berbagai pihak mengadakan acara “Apresiasi Bagi Bank Sampah Kabupaten Magelang Tahun 2019” di Lapangan drh. Soepardi pada hari Sabtu, 30 Maret 2019, dengan Tema “Kelola Sampah Hidup Bersih, Sehat Dan Bernilai”.

Acara yang dipimpim langsung oleh wakil bupati magelang bapak Edi Cahyana SE, Desa Ketangi menyabet Juara I Lomba Bank Sampah, dan mendapat pengahargaan Kepala Desa Ketangi Pemerhati Bank Sampah Terbaik. Dalam acara ini juga deklarasi Kabupaten Magelang bebas sampah pada 2025.

Menurut data Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Magelang, dari 584 bank sampah yang ada, baru mampu mengurangi sampah sebanyak 4,7 persen dari sampah yang dihasilkan di wilayah Kabupaten Magelang. Artinya, mau tidak mau, 70 persen sampah harus dikelola secara baik, dan 30 persennya harus dikurangi.

Kegiatan yang terangkai dalam Hari Ulang Tahun ke 35 Kota Mungkid dan Hari Sampah Nasional  2019 tersebut juga dimeriahkan  lomba bank sampah tingkat Kabupaten Magelang, tarian dari bank sampah, desain baju daur ulang, dan stand pameran kreasi daur ulang.

Adapaun hasil dara lomba bank sampah ialah : Juara l Bank Sampah Bersih Rapi dari Desa Ketangi Kecamatan Kaliangkrik; Juara ll Bank Sampah Umbul Jaya dari Desa Umbulsari Kecamatan Windusari; Juara lll Bank Sampah Kembang Jaya dari Desa Madusari Kecamatan Secang. (red-m-tf)