Jelajah
IMG-LOGO

Profil Masyarakat Desa

Create By 29 July 2013 165 Views

 

Berdasarkan data desa pada bulan Februari 2018, jumlah penduduk Desa Ketangi sebanyak 2.731 orang. Jumlah Kepala Keluarga (KK) sebanyak 811 KK.

Jumlah penduduk Desa Ketangi usia produktif pada tahun 2018 adalah 1.733 orang. Berdasarkan tingkat pendidikannya adalah sebagai berikut:

No.

Angkatan Kerja

L

P

Jumlah

1

Tidak Tamat SD

136

150

286

2

SD

567

609

1.176

3

SLTP

214

226

440

4

SLTA

138

87

235

5

Akademi

5

1

6

6

Perguruan Tinggi

7

6

13

Jumlah Total

1067

979

2156

 

Profil sosial masyarakat

Dalam aktivitas keseharian, masyarakat Desa Ketangi sangat taat dalam menjalankan ibadah keagamaan. Setiap Rukung Tetangga (RT) dan pedukuhan memiliki kelompok-kelompok pengajian. Pada peringatan hari besar Islam, penduduk Desa Ketangi kerap menggelar acara peringatan dan karnaval budaya dengan tema yang disesuaikan dengan hari besar keagamaan. Sebagian besar warga Desa Ketangi terafiliasi pada organisasi kemasyarakat Islam Nahdlotul Ulama.

Gelaran perayaan lain selalu dilakukan dalam rangka memperingati Hari Kemerdekaan Republik Indonesia. Setiap pedukuhan akan turut serta dan semangat menampilkan ciri khasnya dalam acara peringatan dan karnaval budaya.

Kelompok pemuda di Desa Ketangi yang tergabung dalam kelompok pegiat Karang Taruna menjadi aktor utama dalam banyak kegiatan desa. Kelompok ini aktif menggelar program kegiatan untuk isu demokrasi kepada warga, penguatan ekonomi produktif, pelatihan penanggulangan bencana.

Sejumlah penduduk Desa Ketangi bekerja merantau di daerah di luar Desa. Namun, ikatan sosial mereka terhadap tanah kelahiran tetap tinggi. Penduduk asli Desa Ketangi yang tinggal di Jakarta dan sekitarnya misalnya, mereka membentuk paguyuban untuk memelihara silaturahmi antar sesama warga perantauan.

 

Profil politik masyarakat

Warga Desa Ketangi dikenal sebagai kelompok masyarakat yang paling aktif dan memiliki potensi tertinggi untuk berpartisipasi dalam pemberian suara untuk Pemilihan Umum dan Pemilihan Kepala Daerah Langsung. Tingkat partisipasi warga di desa ini terbanyak jika dibandingkan dengan desa lain di Kecamatan Kaliangkrik, Magelang.

Warga Desa Ketangi sangat aktif dalam mengawal proses penyusunan Rancangan Perdes Ketangi. Banyak warga Desa Ketangi.