Sedekah Bumi di Dusun Candirejo

Ketangi 20-10-2018. Warga dusun Candirejo menggalar acara sedekah bumi yang bertempat di serambi masjid dusun Candirejo. Masayarakat melaksanakan sedekah bumi setiap bulan Safar. Sedekah bumi adalah suatu upacara adat yang melambangkan rasa syukur manusia terhadap Tuhan Yang Maha Esa yang telah memberikan rezeki melalui bumi berupa segala bentuk hasil bumi. Upacara ini sebenarnya sangat populer di Indonesia, khususnya di Pulau Jawa. 

Tradisi sedekah bumi ini, merupakan salah satu bentuk ritual tradisional masyarakat di pulau jawa yang sudah berlangsung secara turun-temurun dari nenek moyang orang jawa terdahulu. Ritual sedekah bumi ini biasanya dilakukan oleh mereka pada masyarakat jawa yang berprofesi sebagai petani, nelayan yang menggantunggkan hidup keluarga dan sanak famil mereka dari mengais rizqi dari memanfaatkan kekayaan alam yang ada di bumi.

Lain ladang lain belalang, masing-masing tempat memiliki cara sendiri untuk melaksankan sebuah tradisi sedekah bumi, dengan tujuan yang sama (wujud rasa sukur) namun dengan cara berbeda. Masyarakat dusun Candirejo melaksanakan tradisi sedakah bumi dengan ritual doa bersama, dzikir tahlil di masjid yang di ikuti seluruh warga dusun Candirejo. Kemudian ritual dilanjut dengan makan bersama warga yang dibawa masing-masing warga. Ritual sedekah bumi ini wujud dari hablum minAllah, hablum minanas, dan hablum minal alam.

“warga (ibu-ibu) membawa nasi slametan dari rumah, kemudian bapak-bapak berdoa bersama di masjid. Tujuan dari sedekah bumi yaitu rasa syukur kepada Tuhan yang telah memberikan keselamatan, rezeki, kekayaan alam. Disamping itu sedekah bumi merupakan media untuk merekatkan warga dusun Candirejo. Harapannya warga selalu menjaga alam ini yang sejatinya merupakan titipan dari Tuhan Yang Maha Esa.” Tutur Arif kadus Candirejo. (M.Tf)